Analisis Risiko Kesehatan Pajanan Benzena Melalui Penentuan Level Trans, Trans-Muconic Acid dalam Urin Pada Karyawan di SPBU ‘X’, Jakarta Utara 2010

Posted: 16/05/2011 in DARI SAYA

bagi anda yang sedang/berencana melakukan penelitian mengenai ANALISA RISIKO KESEHATAN PAJANAN BENZENA, barangkali membantu, silahkan meng unduh tulisan kecil saya yang merupakan tugas akhir pendidikan saya di UNIVERSITAS INDONESIA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT, DEPARTEMEN KESEHATAN LINGKUNGAN TAHUN 2010.

sebagai gambaran, tulisan saya ini adalah mengenai analisis risiko pajanan benzena. umumnya penelitian risiko pajanan Benzena (dan zat – zat yang lain) di dapat dengan terlebih dahulu mengukur konsentrasinya pada media pajanan. namun pada penelitian ini, saya memulai dengan mengukur BIOLOGICAL EXPOSURE INDICES dari TRANS,TRANS-MUCONIC ACID sebagai indikator pajanan BENZENA terlebih dahulu dari urin karyawan SPBU. kemudian dengan persamaan yang saya dapatkan dari buku BIOLOGICAL MONITORING : A PRACTICAL>> FIELD MANUAL (AIHA, 2004), saya mendapatkan konsentrasi pajanan BENZENA di udara tanpa harus mengukur konsentrasinya.

monggo klo mau ngunduh, klik aja langsung di TKP. SEMOGA BERMANFAAT.

Tinggalkan Balasan

