AL ‘ALIIM…MEANS YANG MAHA MENGETAHUI

Posted: 13/10/2009 in DARI SAYA

Tulisan tentang saya TRANSFORMASI yang lalu rupanya harus bersambung. Dengan subjek pelaku yang sama, ditempat yang sama dan di komunitas yang sama, beliau mengatakan sesuatu yang membuat dahi saya ( sekali lagi ) mengernyit dan hati saya ( sekali lagi ) bertanya, ” WHY “. Kurang lebih yang Beliau katakan seperti ini : ” semua harus berdasarkan kepustakaan, kalian harus cari sendiri saya kan ga tau semua hal, bahkan Tuhan aja mungkin ga tau tentang itu“. Saya ga tau n ga ngerti, apa beliau sadar tentang yang diucapkannya? Bukankah ucapannya itu berimplikasi sangat besar dengan tingkat keimanan yang beliau miliki dan menjurus kepada masalah penentangan seorang HAMBA kepada RABB nya!
Apakah beliau tidak mengetahui ( atau memang tidak ) ? Bahwa di antara nama – nama ALLAH terdapat satu nama yaitu Al ‘Aliim (yang Maha Mengetahui), sebagaimana terdapat dalam firman Allah Ta’ala, “Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui/’aliim lagi Maha Bijaksana/hakiim.” (QS. Al Insaan: 30). Maka dari ayat ini diketahui bahwa Al ‘Aliim merupakan salah satu Nama Allah Ta’ala, yang mengandung makna ilmu yang sempurna; ilmu yang meliputi segala sesuatu secara global dan terperinci, ilmu yang tidak diawali dengan kebodohan, ilmu yang tidak ditimpa kelupaan. Sehingga tidak ada makhluk sekecil apapun di bumi maupun di langit yang tidak diketahui-Nya. Semua Nama Allah menunjukkan sanjungan dan pujian bukan sekedar label/merek. Akan tetapi Nama Allah berlaku sebagai nama yang sekaligus mengandung sifat. Allah yang Maha Suci lagi Maha Tinggi telah memerintahkan hamba-hamba-Nya supaya mereka berdo’a kepada-Nya dengan perantara menyebut Nama-Nama-Nya.

Begitulah ETIKA KEPADA ALLAH TA’ALA, yang terlihat dari Beliau tadi. Untuk manusia sekelas beliau dengan pendidikan dan kedudukan yang tinggi, seharusnya perkataan seperti itu tidak patut keluar dari lisannya. Semoga ALLAH TA”ALA mengampuni kekhilafan beliau. Dan semoga beliau diberi tambahan pengetahuan tentang agama yang mulia ini. AMIN.

Sumber : http://muslim.or.id/aqidah/kaidah-kaidah-penting-untuk-memahami-nama-dan-sifat-allah-2.html , http://alislamu.com/index.php?option=com_content&task=view&id=105&Itemid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s