SMS yang aneh…

Posted: 09/10/2009 in DARI SAYA

Beberapa waktu yang lalu paska terjadinya gempa di padang yang menelan ratusan jiwa saudara kita, beredar SMS aneh dan nyeleneh yang entah siapa penyebarnya. Kira – kira bunyinya begini :

Asslmu’lkm.
SUBHANALLAH. Gempa 1 di Padang tjd pd pkul 17:16. gempa 2 pukul 17:58 dan gempa 3 pukul 08:52 segera lihat AL QUR’AN, cocokan no surat & ayat di atas.
Dari +62853290033xx, 04-10-2009, 21.26

Kita Ummat Islam hendaknya berhati-hati ketika berbicara mengenai agama, Al-Qur’an, As-Sunnah, Aqidah –Tauhid, Fiqih – hukum-hukum Islam dan hal-hal yang memerlukan pembahasan secara detail, mendalam. Hal ini perlu menjadi perhatian mengingat begitu banyak orang yang tidak mengerti dan tidak ahli, kemudian berani dan memberanikan diri berbicara tentang agama yang mulia ini, sehingga banyak orang yang tersesat karenanya.
Perhatikan apa yang disebut kan oleh shahabat Mu’adz bin Jabal –radhiyallahu ‘anhu : “Ilmu adalah pemimpin amal dan amalan itu berada di belakang setelah adanya ilmu.”
Perhatikan juga perkataan ulama hadits terkemuka, yakni Al Bukhari berkata, “Al ‘Ilmu Qoblal Qouli Wal ‘Amali (Ilmu Sebelum Berkata dan berbuat)”

Bukankah kita di perintahkan untuk bertanya kepada orang – orang yang berilmu perihal sesuatu yang kita tidak berpengetahuan tentangnya :

فَاسْأَلُواْ أَهْلَ الذِّكْرِ إِن كُنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ ﴿٧﴾

“…maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui.” (QS An-Nahl/ 16: 43 dan QS Al-Anbiyaa’/ 21: 7).

Jika berbicara tentang urusan dunia saja seperti mengerjakan pekerjaan, membahas cara penanganan gempa secara menyeluruh, cara mengangkat korban yang masih hidup atau presentasi ilmiah membutuhkan pengetahuan, pelatihan dan pengalaman dari berbagai disiplin ilmu, apalagi ini berbicara tentang agama!!!!! Benarlah sebuah nasihat yang mengatakan, ber-Islam itu tidak cukup hanya semangat saja, tetapi harus dengan ilmu (agama). Untuk memiliki ilmu (agama) maka harus bersungguh-sungguh menuntut ilmu itu kepada ahlinya.

Bukankah Alquran yang di turunkan Alloh SWT itu jg merupakan petunjuk buat kita hambanya,dan kejadian-kejadian yang terjadi dalam Alquran itu hanya pengulangan dan hanya beda manusia serta keadaannya, misalnya di Alquran dikatakan masalah homo/lesbian ternyata di zaman sekarang memang ada manusia yang seperti itu atau di sebutkan oleh Alquran tentang penyembahan berhala/ikut agama nenek moyang yang dilakukan sebelum masa Kerasulan.
Dan bukankah Alquran itu juga selain kita baca tapi juga harus kita jalankan dan amalkan dengan cara yang benar yang sesuai dengan petunjuk Rasullulah SAW dan pemahaman para shahabat RA? Hal ini diperlukan karena sumber kehidupan itu telah ada dalam Alquran Nur Qarim.
Akan lebih aman jika kita hanya hanya berbicara sebuah kebaikan dari hal-hal yang bersifat umum, misalnya mengajak: Ayo kita doakan dan bantu saudara-saudara yang sedang tertimpa musibah, , maka tidak menjadi masalah hal tersebut dilakukan.

Di saat kesadaran Ummat Islam relative agak meningkat di antaranya karena diingatkan oleh bencana-bencana, kadang semangat yang lagi meningkat itu terjebak oleh cara-cara pemahaman yang tidak sesuai dengan Islam. Akibatnya, SMS yang sebenarnya menyesatkan karena metodenya dalam cara merujuk kepada Al-Qur’an tidak benar (yakni nomor surat dan ayat dicocokkan dengan jam dan menit terjadinya gempa) itu justru di mana-mana dipegangi orang. Sebuah cara yang dilakukan para dukun ramal yang mencocok-cocokkan saja. Kebetulan dianggap pas,tetapi malah jadi fitnah baru. Karena membuat metode dukun diangkat ke Islam.

Semoga bermanfaat.
sumber : http://www.nahimunkar.com ( dengan modifikasi ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s